Gerakan Literasi dalam Edukasi



Gerakan Literasi dalam Edukasi

Sekarang ini banyak pelajar yans sudah tidak suka membaca buku. Mereka lebih suka membaca status yang tidak jelas maknanya dari pada buku yang sudah jelas manfaatnya. Padahal membaca buku sangat banyak manfaatnya, selain menambah ilmu membaca buku juga dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan daya fokus. Sayangnya membaca buku yang luar biasa manfaatnya ini belum menjadi budaya di negri ini. Di dunia pendidikan sekarang minat baca para pelajar sudah muali menurun, penurunan ini banyak sebabnya.
  • Nonton Televisi
Banyak sekali pelajar yang sudah kecanduaan nonton Televisi,padahal acara-acara Televisi sekarang sudah banyak yang tidak patut untuk ditonton contoh saja sinetron-sinetron percintaan dan perkelahian. Dari sinetron-sinetron tersebut hanya akan menambah degradasi moral dan waktu yang terbuang sia-sia.
  • Handphone (HP)
Benda kecil yang mempunyai dampak positif  dan juga negatif. Sekarang ini Handpohne (HP) sudah seperti kebutuhan sehari-hari, benda kecil yang dimiliki mulai dari anak kecil hingga orang dewasa ini mempunyai banyak kegunaan tapi benda ini juga dapat menjadi ancaman, sekarang ini sudah banyak pelajar yang mempunyai handphone, meraka biasanya memanfaatkan handphone untuk mencari tugas, membaca artikel pada ebook dan jejaring media sosial,  disamping itu sekarang banyak pelajar yang menyalahgunakan handphone itu sendiri, handphone yang seharusnya banyak manfaat tapi di salah gunakan contoh saja dengan adanya handphone ini sendiri para pelajar jadi lebih banyak ngegame dari pada belajar yang hanya membuang-buang waktu. Karena handphone juga jiwa sosial para pelajar juga menurun, mereka lebih asik bermain handphone dari pada bersosialisasi dengan orang lain. Oleh karena itu perlu ada pantauan pada penggunaan handphone bagi para pelajar.
  • Internet-an
Sebuah layanan jaringan yang sangat luas yang dapat mengakses hal-hal apapun. Internet sendiri dapat digunakan para pelajar dalam mencari materi sekolah dan juga dengan internet para pelajar dapat lebih mudah dalam mencari tugas-tugas sekolah, disamping itu dampak negatifnya juga sangat banyak.
Dari tiga hal yang saya paparkan diatas tadi hanyalah beberapa masalah para pelajar saat ini dan masih ada banyak sekali masalah para pelajar saat ini. Oleh karenanya mulai saat ini harus ada sebuah gerakan, gerakan yang dapat mengubah pola pikir mereka dan dapat mengubah hidup mereka yang awalnya waktu terbuang sia-sia hanya karena nonton televisi, bermain handphone dan mengunakan internet.
Saat ini gerakan literasi dalam pendidikan harus diterapkan, gerakan yang dapat mengubah cara hidup bagi para pelajar karena gerakan literasi adalah gerakan yang berkompetensi dalam hal membaca dan menulis. Dalam gerakan ini pelajar diharuskan membaca buku dengan begitu pelajar dapat menambah ilmu pengethuan. Gerakan literasi harus diterapkan dalam edukasi. Gerakan literasi ini haruslah menyenangkan dan mengasyikan dengan begitu para pembaca tidak bosan.
 Sekarang ini sudah banyak gerakan literasi yang biasanya disebut relawan literasi, biasanya gerakan literasi ini berupa komunitas atau taman baca masyarakat. Dan dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca para pelajar.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah Teknik Elektro

Teks Eksplanasi dan strukturnya