Makalah Teknik Elektro


MAKALAH
ELECTRICAL ENGINEERING
  
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI                                                                                                                         i
1.         BAB I PENDAHULUAN                                                                                             1
1.1.             LATAR BELAKANG                                                                                   1
1.2.             TUJUAN                                                                                                        1
1.3.             RUMUSAN MASALAH                                                                              1

2.         BAB II PEMBAHASAN                                                                                              2
2. 1.           DEFINISI ENGINEERING                                                                         2
2. 2.           SUMBER DAYA MANUSIA PENDUKUNG ENGINEERING              3
2. 3.           TIM KERJA ENGINEERING                                                                      3
2. 4.           ENGINEERING PADA TEKNIK ELEKTRO                                            4
2. 5.           LULUSAN TEKNIK ELEKTRO                                                                 4

3.         BAB III PENUTUP                                                                                                      7
3. 1.           KESIMPULAN                                                                                              7

      DAFTAR PUSTAKA                                                                                                          8


BAB I

PENDAHULUAN 

1.1.       LATAR BELAKANG

Engineering bukanlah ilmu yang ada karena titah penguasa atau pun karena amanat undang-undang. Ilmu ini telah tumbuh dan berkembang baik sebagai seni maupun sebagai profesi selama lebih dari 50 abad. Dapat dikatakan, akar-akar ilmu ini sudah ada sejak awal dimulainya peradaban itu sendiri dan berkembang seiring dan sejalan dengan perkembangan manusia.

Nenek moyang kita telah berupaya mengendalikan dan memenfaatkan bahan-bahan dan kemampuan alam demi kepentingan masyarakat persis seperti yang kita lakukan sekarang. Mereka mempelajari dan mengamati hukum-hukum alam serta mengembangkan pengetahuan matematika dan sains yang ketika itu tidak dimiliki oleh orang pada umumnya. Penerapan pengetahuan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat seperti pelabuhan, jalan, bangunan, irigasi dan fasilitas pencegahan banjir, serta  hasil     karya   bermanfaat      lainnya.
Dengan mempelajari asal-muasal ilmu engineering, kita dapat merasakan betapa besarnya gelombang sejarah tersebut. Ini membantu kita menempatkan sejarah sesuai konteksnya dan memperbaiki cara kita memandang tujuan, aspirasi dan tindakan kita.

1.2.       TUJUAN

·           Melengkapi tugas matakuliah Pengantar Teknik Elektro

·           Memberitahukan informasi kepada para pembaca mengenai engineering

·           Mengetahui definisi engineering

·           Memberikan wawasan engineering di bidang elektro

·           Memberikan wawasan prospek kerja jurusan Teknik Elektro

1.3.       RUMUSAN MASALAH

·                Apa itu engineering?

·                Siapa sumber daya manusia pendukung engineering?

·                Bagaimana electric engineering?

·                Prospek kerja lulusan electric engineering?



BAB II

PEMBAHASAN

2.1.       Definisi Engineering

Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi (ABET), salah satu lembaga akreditasi di Amerika Serikat, mendefinisikan engineering sebagai “profesi dimana di dalamnya pengetahuan matematika dan ilmu alam yang dieproleh melalui pendidikan,pengalaman dan praktek diaplikasikan dengan semestinya untuk menemukan cara-cara yang ekonomis dalam memanfaatkan bahan-bahan dan kemampuan alam demi kemaslahatan umat manusia”.

            Engineering adalah sebuah profesi, sebagaimana layaknya hokum, kedokteran, pendidikan, dan manajemen/administrasi, profesi engineering menuntut standar sikap yang tinggi serta memiliki tanggung jawab kepada klien, mitra, dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang utuh. Profesi ini membutuhkan bidang pengetahuan yang spesifik dan para anggotanya mendapat status professional setelah melalui jalur-jalur pendidikan dan pelatihan yang jelas.

            Seorang engineering memiliki pengetahuan matematika dan ilmu alam. Seperti seorang ilmuan pengetahuan matematika dan ilmu pengetahuan alam sama baiknya dengan seorang insinyur, namun ilmuan lebih memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk memperoleh pengetahuan yang baru, sedangkan seorang insinyur menerapkan pengetahuan ini untuk merancang dan menghasilkan perangkat-perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yang dapat digunakan.

            Engineering dipandang sebagai seni sekaligus juga sains. Engineering dipandang sebagai suatu beranggotakan prinsip-prinsip, metode-metode, dan keahlian-keahlian yang tidak dapat dikuasai melalui pendidikan semata. Kemampuan engineering harus diperoleh, setidaknya sebagian, melalui pengalaman dan praktek lapangan. Pengetahuan insinyur harus diperkuat dengan pengetahuan dilapangan.

2.1.       Sumber Daya Manusia Pendukung Engineering

            Meskipun insinyur dapat bekerja sendiri, mereka lebih sering dibantu oleh tim pendukung. Insinyur dan tim pendukung ini membentuk sebuah tim engineering dan peranan dari setiap kelompok spesialisasi dibagi berdasarkan bidang pekerjaan.

 Posisi tertinggi ditempati oleh insinyur yang bertindak sebagai inovator, desaigner, pembuat keputusan dan pemimpin tim engineering. Pada posisi selanjutnya adalah teknoloh (technologist), yang membantu insinyur dalam merencanakan, membuat, dan mengoperasikan fasilitas engineering. Aktivitas utama teknolog meliputi pemasaran teknis, supervisi proyek kontruksi, pengembangan produk rutin, serta koordinasi tenaga kerja, peralatan dan bahan-bahan. Teknisi engineering bertanggung jawab terhadap metodologi yang dipakai dalam pekerjaan lapangan. Aktivitas utama teknisi adalah pembuatan gambar, survei, estimasi, pengumpulan data, dan inspeksi langsung di lapangan. Tukang (craftsman) adalah pekerja terampil yang bertugas membuat bahan dan produk atau fasilitas sesuai spesifikasi desain. Mereka mencakup tukang listrik, tukang kayu, tukang las, operator mesin dan pembuat model. Tukang biasanya mendapatkan keterampilan mereka langsung di lapangan.

2.2.       Tim Kerja Engineering

Spesialisasi
Aktivitas yang Umum
Insinyur
-Merancang Konsep
-Riset
-Perencanaan Proyek
-Inovasi Produk
-Pengembangan Sistem
-Mensupervisi pekerja teknolog, teknisi, dan tukang
Teknolog
-Pengembangan produk rutin
-Mensupervisi pekerja kontruksi
-Technical sales
-Merancang dan mengembangkan hardware
-Mengkoordinir tenaga kerja, bahan-bahan, dan peralatan
-Mensupervisi pekerja teknisi dan tukang
Teknisi
-Pembuatan gambar teknik
-Estimasi proyek
-Inspeksi lapangan
-Pengumpulan data
-Survei
-Penulis teknis
Tukang
Menggunakan peralatan tangan dan mekanik untuk merawat, memperbaiki, dan mengoperasikan mesin-mesin atau produk-produk.

2.3.Engineering pada Teknik Elektro

Cabang terbesar dari semua yang ada di dalam bidang engineering adalah teknik elektro. Cabang ini menggeluti perangkat-perangkat, system-sistem dan arus listrik. Para insinyur elektro bekerja menangani perangkat-perangkat mulai dari generator pembangkit daya yang sangat besar hingga kepingan-kepingan computer yang sangat kecil. Konstribusi para insinyur elektro dapat dirasakan didalam hamper semua sector kehidupan manusia, misalnya peralatan listrik dirumah-rumah, layar tampilan elektronik yang digunakan di dalam bisnis, piranti laser yang digunakan industry, dan system satelit untuk komunikasi public dan bisnis.

            Teknik elektro memiliki enam bidang spesialis turunan :

1.      Pembangkit dan transmisi energy listrik (arus listrik)

2.      Elektronika

3.      System telekomunikasi

4.      Instrumentasi dan pengukuran

5.      Control otomatis

6.      Computer

Para insinyur elektro adalah orang-orang yang berjasa di balik keberadaan instalasi pembangkir, transmisi dan distribusi daya yang membawa energy listrik kerumah-rumah, pabrik-pabrik, gedung-gedung perkantoran dan berbagai fasilitas lainnya. Para insinyur menentukan lokasi yang cocok untuk membangun stasiun pembangkit listrik tenaga air, uap, disel atau nuklir dan kemudian mereka merancang spesifikasi untuk mesin-mesin, generator dan berbagai perangkat pendukung lainnya yang dibutuhkan oleh stasion tersebut. Para insinyur elektro telah memberikan konstribusi yang besar bagi kehidupan manusia dalam bentuk stasiun-stasiun pembangkit listrik yang mampu memasok energy total sebesar lebih 3 trilliun kilowatt-jam (kWh) setiap tahunnya.

            Salah satu bidang spesialis teknik elektro yang paling cepat perkembangannya adalah elektronikas. Elektronika secara umum dapat dijabarkan sebagai bidang spesialisme yang berhubungan dengan emisi, perilaku dan berbagai efek yang ditimbulkan electron. Seorang insinyur elektronika harus mampu merancang  rangkaian-rangkaian elektronika yang efisien, dengan menggunakan berbagai elemen listrik yang ada, untuk membangkitkan, menguatkan, mendeteksi atau menyearahkan sinyal-sinyal listrik.

            Elektronika diterapkan dibidang-bidang lainnya, seperti pada telekomunikasi, pembangkit dan transmisi daya, transportasi dan kedokteran. Dengan ditemukannya piranti-piranti transistor, diode semikonduktor, rangkaian terpadu (IC), dan laser, teknologi elektronika telah mengalami kemajuan yang dramatis pada beberapa decade belakangan ini. Kemajuan tersebut dan perkembangan-perkembangan lainnya telah membuka pintu kesempatan yang lebih luas bagi para insinyur elektro untuk bekerja dibidang elektronika.

            Para insinyur elektro juga telah dan hingga kini terus, memberikan konstribusi yang sangat besar dibidang telekomunikasi. Mereka memanfaatkan pengetahuan mereka tetntang perambatan gelombang, teori elektromagnetika, dan prinsip-prinsip elektronika untuk merancang system-sistem komunikasi radio, telepon, televise dan satelit. Sekitar 7 persen dari seluruh insinyur elektro bekerja dibidang telekomunikasi.

            Salah satu budang spesialisasi yang relative kecil namun cukup penting dalam teknik elektro adalah instrumentasi dan pengukuran. Para insinyur dibidang ini berurusan dengan masalah pemanfaatnan elektronika untuk melakukan berbagai pengukuran yang dibutuhkan di dalam penelitian, pengembangan dan pengoprasian. Mereka merancang dan membuat perangkat-perangkat pengukur elektronik untuk mengukur sifat-sifat dan besaran fisik seperti suhu, kecepatan, tekanan, dan laju aliran. Instrumentasi pengukuran ini diterapkan secara luas dibudang bisnis dan industri, dan memberikan konstribusi yang cukup besar pada kesehatan dan keselamatan masyarakat.

            Kian hari, para insinyur elektro semakin banyak menerapkan konsep kendali umpan balik (feedback control) di dalam proses-proses dan berbagai aktivitas operasional yang bersifat otomatis. System-sistem yang dilengkapi dengan mekanisme control umpan balik membandingkan sebuah besaran yang terukur (misalnya suhu, tekanan, dll)dengan sebuah nilai baku atau sebuah nilai yang diinginkan untuk besaran tersebut, dan kemudian secara otomatis melakukan penyesuaian untuk meminimalkan selisih (perbedaan) antara nilai terukur dengan nilai baku yang diinginkan tersebut.

            Para insinyur elektro juga menerapkan prinsip-prinsip listrik dan mekanika untuk merancang dan membuat computer-komputer elektronik. Para insinyur melakukan riset terhadap rangkaian-rangkaian yang digunakan pada computer dengan tujuan mengembangkan metode-metode baru untuk mengolah data, menyimpan data dan mencari berbagai cara baru untuk menerapkan computer pada masalah pengolah data.









2.4.       Lulusan Teknik Elektro

            Bagaimana dengan lulusan Teknik Elektro???. Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuka peluang yang semakin luas untuk jurusan teknik elektro. Saat ini semakn banyak dibutuhkan jurusan ini untuk mengisi posisi-posisi penting yang memerlukan ketrampilan dibidang elektronika. Beberapa profesi yang dapat dikerjakan oleh lulusan teknik elektro misalnya :

·         Teknisi komunikasi

·         Teknisi Radar, Solar dan Navigasi

·         Teknisi frekuensi radio dan mikrowave

·         Teknisi seluler

·         Teknisi Network system

Untuk bidang-bidang kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan teknik elektro.

·         Tenaga Pendidikan

Lulusan jurusan teknik elektro bisa memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti guru SMK jurusan ketenagalistrikan/energi listrik, audio vidio, elektronika industri. Lulusan jurusan teknik elektro juga bisa menjadi dosen dengan jurusan yang sama, namun harus melanjutkan studinya ke jenjang magister.

·         Pegawai Negri

Peluang kerja sebagai pegawai negri sipil bagi lulusan teknik elektro adalah di bidang energi dan sumber daya mineral, yaitu di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

·         Badan Usaha Milik Negara

Lulusan dari jurusan teknik elektro dapat bekerja di badan-badan usahamilik negara yang utamanya berhubungan dengan energi telekomunikasi, yaitu Perusahaan Listrik Negara, Pertamina dan lain-lain.

·         Wirausaha Sendiri

Bekerja secara mandiri juga merupakan pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan. Usaha mandiri lulusan ini dapat membuka service perbaikan elektronika, tutor ketenagalistrikan, dll.



BAB III

PENUTUP

3.1.       KESIMPULAN

Engineering adalah sebuah profesi, sama seperti halnya dengan ilmuan,dokter maupun profesi lainnya. Profesi dimana didalamnya ada pengetahuan matematika dan ilmu alam yang dapat melalui pendidikan dan pengalaman praktek.

Engineering adalah satu profesi yang sangat luas. Engineering memiliki tenaga pendukung yang masing-masing pendukung memiliki kemampuan sendiri-sendiri.

Dalam perkembangannya, engineering selalu menunjukkan kemajuan teknologi sejak awal peradaban hingga sekarang. Kemajuan paling pesat ini mungkin terlihat paling kentara di bidang elektronika.

Di dalam profesi engineering terdapat banyak bidang-bidang engineering salah satunya adalah teknik elektro, bidang ini menggeluti perangkat-perangkat, system-sistem dan arus listrik dan sudah banyak sekali konstribusi yang diberikan para insinyur elektro yang dapat dirasakan sampai sekarang ini.

Perkembangan teknologi yang semakin cepat juga telah memberikan banyak  peluang bagi jurusan teknik elektro. Saat ini semakn banyak dibutuhkan jurusan ini untuk mengisi posisi-posisi penting yang memerlukan ketrampilan dibidang elektronika.




DAFTAR PUSTAKA

Paul H.Weight , (2005). Pengantar Enggineer, edisi 3. Jakarta :Erlangga.

Janiarto. “Perkuliahan dan Prospek Kerja Teknik Elektro” http://www.jurusankuliah.info/2015/01/prospek-kerja-jurusan-teknik-elektro.html, diakses pada tanggal 13 Oktober 2017, pukul 17.00 WIB.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teks Eksplanasi dan strukturnya

Gerakan Literasi dalam Edukasi